JENIS JENIS MASKER KESEHATAN

JENIS JENIS MASKER KESEHATAN

Saat ini kita sedang diserang oleh wabah menular, dimana wabah ini akan menular melalui cairan yang ada pada tubuh seperti bersin dan air liur. Untuk itu kita perlu menjaga jarak terhadap orang lain untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut. Selain mengurangi kerumunan anda juga dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan selalu mencuci tangan dan menggunakan masker. Pada waktu lalu tingginya minat pengguna masker menyebabkan banyaknya masker yang dijual dengan harga yang sangat mahal. Itu menyebabkan banyak orang yang kekurangan masker. Hal itu menyebabkan tumbuhnya berbagai bisnis kecil penjual masker dari kain. Masker kain memiliki cukup banyak manfaat, dimana harga yang murah, bisa digunakan berulang kali, dan motif serta model yang beragam. Akan tetapi masker kain kurang efektif untuk menjaga diri kita. Dan alangkah baiknya untuk menggunakan masker kesehatan, masker kesehatan sendiri memiliki cukup banyak jenis dengan kualitas yang berbeda beda seperti halnya masker masker di bawah ini:

  • Masker bedah

Masker bedah atau sering dibilang dengan masker medis ini merupakan salah satu masker yang sangat terjangkau, yaitu hanya kurang lebih 2.000 untuk setiap maskernya. Akan tetapi masker ini pernah mengalami kenaikan yang cukup tinggi sehingga harga per box yang sangat tidak masuk akal. Padahal masker bedah ini merupakan salah satu masker kesehatan termurah. Masker ini biasanya digunakan untuk petugas medis di rumah sakit. Masker ini memiliki tiga lapisan yang bersifat anti air dan berfungsi untuk memfilter kuman. Selain itu masker ini juga sangat cocok digunakan untuk sehari hari karena bentuknya yang simple dan juga ringan. Akan tetapi masker ini hanya digunakan untuk sekali pakai, setelah itu anda bisa menggunakan masker yang baru. 

  • Masker N95 

Masker N95 merupakan jenis masker pernapasan, yang memiliki model dan bentuk yang cukup unik. Dimana masker ini berbentuk cekung dengan tali di bagian kanan dan kirinya. Masker ini lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus karena masker ini mampu menyaring hingga 95% kuman sehingga kita tidak akan dengan mudah terkena penyakit. Selain itu masker ini juga mampu menyaring partikel partikel kecil yang tidak terlihat oleh mata. Partikel ini pada umumnya dibawa oleh udara dan masuk ke dalam paru paru. Akan tetapi masker ini tidak cocok untuk digunakan sehari hari karena bentuk dan bahannya yang menyebabkan sulit bernafas ketika menggunakan masker ini. Masker ini sangat cocok digunakan para petugas medis yang menangani penyakit corona. Masker ini terbilang cukup mahal dengan harga 30.000 hingga 135.000 untuk setiap maskernya.

  • Masker N99

Masker N99 memiliki model masker yang hampir mirip dengan masker N95 akan tetapi masker ini mampu menyaring udara hingga 99% sehingga lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus. Masker ini memiliki kelebihan yang berbeda dengan masker N95, apabila masker N95 mempunyai kekurangan sulit dalam bernafas maker N99 memiliki dua kutub yang mampu digunakan untuk sirkulasi udara. Walaupun begitu didalam kedua kutub tersebut memiliki alat yang dapat menyaring udara yang masuk sehingga tetap efektif untuk mencegah penularan virus melalui udara. Masker ini sering kita temui digunakan para petugas medis sebagai masker untuk mencegah penyakit tuberculosis dan flu. Kekurangannya masker ini hanya dapat digunakan sekali saja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *