PENYEBAB TINGGINYA BIAYA HIDUP DI HONGKONG!

PENYEBAB TINGGINYA BIAYA HIDUP DI HONGKONG!

Negara hongkong ini merupakan tempat atau destinasi liburan yang paling banyak peminatnya di Asia. Sebab, di hongkong ini memiliki Disneyland dan hiburan malam yang memang menjadi daya tarik oleh wisatawan yang berkunjung. Hal ini memang membuat para wisatawan takjub dan selalu ingin mengunjunginya. Hongkong ini katanya biaya hidupnya sangat tinggi yang mana melebihi negara-negara maju, seperti Jepang dan Korea Selatan. Jumlah penduduk di hongkong ini juga padat, yang mana hal ini juga menjadi faktor utama biaya hidup di hongkong yang sangat tinggi. Selain ada juga faktor lain yang menyebabkan biaya hidup di hongkong sangat mahal.

Beberapa Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Biaya Hidup Tinggi Di Hongkong 

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi biaya hidup di hongkong ini yang sangat tinggi, berikut terdapat beberapa alasan yang mempengaruhi biaya hidup sangat tinggi di hongkong;

  • Sulit mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi

Hongkong ini juga membuka lowongan pekerjaan yakni lowongan pekerjaan yang bergengsi, namun gaji yang diberikan ini tidak mampu untuk memenuhi biaya hidup sebagian besar warga hongkong. Terlebih jika mereka sudah memiliki keluarga. Pekerjaan seperti penjaga toko, waiters atau bartender ini di indonesia juga gajinya besar, namun di hongkong ini hanya mendapatkan gaji yang rata-rata, yang mana tentu saja hal ini tidak sebanding dengan biaya hidup mereka. Jika mereka mendapatkan bos yang baik, maka untuk pengobatan atau tempat hunian ini ada yang membiayai nya.

  • Biaya pendidikan terus meningkat

Pendidikan ini merupakan sebab banyaknya warga hongkong asli yang tidak mampu membiayai nya. Untuk sekolah dasar saja ini orang tua harus mengeluarkan biaya sekolah 100 hingga 400 juta. Untuk biaya ini, hanya biaya masuknya saja belum termasuk buku dan seragam. Sehingga hal ini membuat warga hongkong banyak yang berpendidikan rendah. Dalam kehidupan sekolah ini juga membuat anak cepat stress, sehingga para orangtua yang tidak cukup uang ini akan pindah ke kota yang lebih kecil dan mencari biaya pendidikan yang cukup pula. Sebab, biaya hidup di hongkong yang mengalami kenaikan secara terus menerus ini tidak pas bagi mereka.

  • Tingginya harga makanan

Setiap orang sudah pasti membutuhkan makanan, untuk biaya hidup di hongkong ini juga para pemilik restoran menetapkan harga makanan yang cukup tinggi pada setiap produk yang dijual. Jika membeli makanan cepat saji saja sangat murah ini bisa membutuhkan biaya lebih dari 50 ribu hanya satu kali makan. Pada restoran modern saja bisa mencapai tiga kali lipat nya untuk sekali makan, dan untuk memasak sendiri di rumah juga ini tidak sama sekali murah, sebab harga per kilo daging ayam mencapai 100 ribu rupiah.

  • Budaya konsumsi yang tinggi

Di negara hongkong ini memang memiliki banyak kemewahan seperti, mal, butik mewah, departemen store, serta toko arloji yang bermerek yang tersebar luas pada setiap sudut kota. Sebagian warga yang hidup di bangunan tua tidak terpakai sedangkan para ekspatriat ningratnya menghabiskan setiap harinya di pusat perbelanjaan sampai larut malam. Di negara hongkong ini banyak mall yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya, yang mana mall ini buka hingga tengah malam. Pada akhirnya banyak pemuda yang memiliki banyak hutang guna memenuhi biaya hidup serta gaya hidup sehingga menjadi miskin dan tidak  mampu untuk melunasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *