Tips Memilih Media Promosi Online yang Tepat

Di zaman yang serba modern, tentu kita tidak boleh sampai melewatkan begitu saja. Sekarang ini pun proses jual beli sudah banyak menggunakan media online. Hal ini tidak hanya membuat konsumen tidak perlu datang ke lokasi pembelian. Namun juga membuat pemilik bisnis mendapatkan pelanggan dari seluruh daerah negara. Bahkan beberapa pemilik usaha sudah mengirimkan produk-produk mereka ke luar negeri. Begitulah hebatnya pemasaran secara online yang sekarang ini banyak dilakukan oleh pemilik bisnis. Beberapa perusahaan bisa handle sendiri proses pemasaran online ini. Akan tetapi pastinya ada satu atau dua perusahaan yang menyerahkan pemasaran kepada digital marketing agency. Alasannya karena lebih simpel dan tidak perlu repot menyiapkan tim baru.

5 Cara Memilih Media Promosi Online Tepat

Media promosi online di zaman ini ada banyak. Mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, sampai YouTube. Semua media promosi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan leads dan berujung dengan konversi. Namun menggunakan media promosi online untuk memasarkan produk atau layanan tidak semudah yang dipikirkan. Harus ada hal-hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Yakni menentukan media promosi mana yang tepat untuk pemasaran. Nah dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan.

  1. Menentukan Anggaran

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan seberapa besar anggaran untuk media pemasaran online ini. Memang anggaran untuk media pemasaran online tidak banyak, namun bukan berarti tidak ada anggaran. Dengan membuat anggaran ini maka bisa lebih mudah dalam menentukan media promosi apa yang akan digunakan. Pastikan dalam menentukan anggaran ini harus rasional dan tidak mengada-ada. Anda bisa mencoba melakukan survey kecil-kecilan atau mencari lewat Google.

  1. Tentukan Segmentasi Pasar

Sama seperti menggunakan pemasaran offline, kita juga membutuhkan segmentasi pasar. Ini dilakukan supaya proses pemasaran menjadi lebih terarah dan tepat sasaran. Tentunya Anda tidak ingin salah sasaran atau tergesa-gesa dalam mempromosikan sebuah produk bukan. Anda harus bisa menentukan produk apa yang akan dipromosikan, untuk siapa produk tersebut, dan siapa yang menggunakannya. Dengan ketiga hal tersebut maka proses pemasaran online nantinya akan lebih tepat sasaran dan mendatangkan feedback yang baik.

  1. Menargetkan Audience

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan audience berdasarkan media social. Juga harus mencari tahu platform media social mana yang sering digunakan oleh calon konsumen. Misalnya segmentasi hampir seluruhnya aktif di Instagram. Sebab Instagram menjadi salah satu platform yang sampai saat ini banyak digunakan. Nah, Anda bisa memfokuskan menggunakan pemasaran online Instagram. Sekarang ini hampir semua usia dan kalangan dari berbagai pekerjaan menggunakan Instagram.

  1. Platform Media Social

Kemudian tentukan platform media social yang sesuai dengan bisnis. Jika sudah menentukan target audience, maka harus menggunakan platform media social yang cocok untuk bisnis. Misalnya Instagram cocok digunakan untuk bisnis yang menampilkan gambar produk dengan fotografi cantik. Sedangkan untuk Facebook dan Twitter dipakai untuk bisnis yang menghasilkan konten editorial. Yang mana dibagikan lewat tautan, efektif untuk dibagikan ke Facebook atau Twitter.

  1. Menciptakan Konten Menarik

Salah satu hal paling penting dalam pemasaran online adalah konten. Mau seberapa murah atau menarik produk yang ditawarkan. Jika tidak diimbangi dengan konten yang juga tepat dan menarik. Maka tidak akan ada banyak orang yang tertarik dengan produk Anda. Oleh sebab itulah, pastikan untuk membuat konten menarik agar calon pelanggan menjadi tertarik dan membeli produk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *