WANITA HEBAT DAN PEMBERANI KEBANGGAAN TANAH AIR INDONESIA

Wanita zaman dahulu ini telah mengalami berbagai kondisi dan situasi yang sulit nan mencekam. Selain menjadi seorang istri dan ibu dari anak-anaknya, wanita dahulu nya juga berjuang dalam membela negara indonesia. Sehingga dengan perjuangan tersebut, menjadikan wanita pada zaman dahulu diberikan gelar yakni pahlawan. Hal ini memang patut kita sematkan gelar pahlawan, sebab wanita dahulu nya juga ikut berjuang dalam membela tanah air indonesia. Dengan berjuang inilah yang mana tentu saja bukanlah hal yang sangat mudah. Sebab, saat penjajahan ini membuat para wanita bergerak guna memerangi ketidakadilan pada masa penjajahan. Maka dari itu, hal inilah yang membuat para pahlawan indonesia ini diantaranya beberapa wanita. Sehingga hal ini patut kita teladani dan kita contoh, sebab dalam memperjuangkan tanah air ini sangatlah tidak mudah dan bahkan mengorbankan nyawa.

WANITA HEBAT DAN PEMBERANI KEBANGGAAN TANAH AIR INDONESIA

Pahlawan Nasional Wanita Indonesia

Secara etimologi kata “pahlawan” ini berasal dari kata “phala” yakni bahasa sanskerta yang memiliki arti hasil atau buah. Dan menurut KBBI pahlawan ini memiliki arti yaitu seseorang yang memiliki keberanian dan juga pengorbanan dalam membela kebenaran tanah air negara indonesia, bangsa, dan agama yang gagah berani. Pahlawan indonesia ini merupakan gelar tertinggi sebagai penghargaan di indonesia. Gelar ini atau juga gelar anumerta diberikan kepada orang yang telah meninggal oleh pemerintah indonesia yang merupakan sebagai perjuangan nyata dan berjasa bagi indonesia serta sebagai teladan untuk masyarakat indonesia. Pada surat keputusan presiden ini ada sekitar 159 pahlawan indonesia. Berikut, terdapat beberapa pahlawan nasional wanita di indonesia;

  • Cut Nyak Meutia – Aceh

Cut nyak meutia ini merupakan pahlawan nasional wanita indonesia yang berasal dari Aceh. Cut nyak meutia ini lahir di keureutoe, pirak, Aceh utara pada tahun 1870. Cut nyak meutia ini merupakan wanita yang memiliki semangat yang luar biasa tinggi serta memiliki tekad yang kuat untuk memerangi penjajah serta mengusir dari negara tanah air. Bersama suaminya yaitu teuku muhammad yang juga memiliki nama lain teuku tjik tunong ini melakukan perlawanan kepada negara belanda yang melakukan penindasan terhadap rakyat aceh. Mereka merupakan rekan perjuangan yang memiliki solidaritas guna memperjuangkan melawan belanda.

  • Raden Ajeng Kartini – Jepara

Raden ajeng Kartini merupakan sosok pahlawan wanita indonesia yang sangat populer di indonesia. Raden ajeng Kartini ini dikenal sosok wanita yang memiliki kegigihan dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Beliau lahir di Jepara pada tanggal 21 April tahun 1879. Pada hari kelahirannya tersebut dijadikan sebagai hari Kartini untuk menghormati dan melanjutkan upaya yang dilakukannya untuk kemajuan perjuangan tanah air indonesia. Terutama bagi kaum perempuan indonesia. Raden ajeng Kartini merasakan banyak diskriminasi antara kaum laki-laki dan wanita, sebab para wanita ini tidak bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan bahkan terdapat beberapa wanita yang sama sekali tidak boleh mengenyam pendidikan.

  • Raden Dewi Sartika

Raden dewi sartika ini merupakan pahlawan wanita nasional indonesia salah satu tokoh perintis pendidikan bagi kaum wanita. Beliau dilahirkan di kota Bandung 4 Desember tahun 1884. Beliau berjuang semenjak usia 18 tahun yang mengajarkan membaca, menulis, memasak, dan menjahit kepada kaum wanita yang berada di kotanya. Tanggal 16 juli tahun 1904 raden dewi sartika ini mendirikan institusi pendidikan yakni sakola istri atau sakola perempuan. Sekolah tersebut mengalami perkembangan yang berganti-ganti nama, pada tahun 1904 menjadi sakola keutamaan istri dan pada tahun 1929 berubah menjadi sakola raden dewi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *